FKG Unpad Gelar Lomba Se-Kotamadya Bandung untuk Peduli Bibir Sumbing

Date : 24 September 2017 By Salsabila Yasmine

Penderita celah bibir dan langit-langit atau yang biasa dikenal dengan bibir sumbing kerap kali menerima perlakuan yang kurang pantas oleh lingkungan sosial sekitar. Hal ini dapat memengaruhi perkembangan psikis dan mental mereka menjadi tidak percaya diri dan sulit untuk bersosialisasi. Untuk membantu mengatasinya, BEM Kema Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan rangkaian acara pertama dari SMILEMOTION 2017 yaitu Smile Collaboration Project 1: Lomba Menggambar dan Mewarnai Tingkat Sekolah Dasar Se-Kotamadya Bandung.

“Acaranya asik, gamesnya seru, teman-temannya juga baik-baik. Acara Smilemotion bikin kita jadi punya teman banyak.” Ujar Karim dan Akmal yang keduanya merupakan anak-anak penderita bibir sumbing binaan YPPCBL.

Smile Collaboration Project 1 merupakan rangkaian Pre-Event pertama dari konser amal SMILEMOTION 2017 yang akan digelar tanggal 9 Desember mendatang dengan dimeriahkan oleh penampilan Tulus, Teddy Adhitya, dan Barasuara di Sasana Budaya Ganesha Bandung. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan SMILEMOTION yang merupakan kampanye masif mengenai celah bibir dan langit-langit. Bekerjasama dengan Hotel Novotel Bandung, acara ini diselenggarakan pada tanggal 24 September 2017. Smile Collaboration Project 1 melibatkan siswa-siswi sekolah dasar se-kotamadya Bandung dan anak-anak Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) untuk berpartisipasi dalam lomba menggambar dan mewarnai. Lomba ini bertujuan untuk menanamkan rasa kebersamaan tanpa ada rasa berbeda kepada penderita dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri bagi anak-anak penderita bibir sumbing terhadap potensi yang mereka miliki.

Tidak hanya menggambar dan mewarnai, terdapat pula Fun Games dan Fun Animal Education oleh Kebun Binatang Bandung. Selain mendapatkan edukasi, anak-anak dapat belajar, bermain, dan berbaur dengan sesama. Hal ini selaras dengan tema yang diusung oleh SMILEMOTION 2017 yaitu Acceptance atau penerimaan, menerima berbagai perbedaan dan tetap menjalani aktivitas bersama tanpa diskriminasi.

“Acaranya asik, gamesnya seru, teman-temannya juga baik-baik. Acara Smilemotion bikin kita jadi punya teman banyak.” Ujar Karim dan Akmal yang keduanya merupakan anak-anak penderita bibir sumbing binaan YPPCBL. Dengan adanya rangkaian acara ini, panitia berharap agar penderita celah bibir dan langit-langit lebih percaya diri akan potensi yang mereka miliki, serta masyarakatpun dapat mengubah pandangan akan perbedaan fisik yang terlihat dan merangkul mereka dengan terbuka, tanpa memandang dengan sebelah mata.

SMILEMOTION mengadakan operasi GRATIS bagi penderita bibir Sumbing! Untuk pendaftaran operasi gratis dan informasi lebih lanjut mengenai SMILEMOTION 2017 dapat menghubungi Dina Purnamasari +628586479536 (Line ID : prnmadina).